Sunday, 31 July 2016

11 Kemampuan yang Menjamin Kesuksesan Menjadi Nyata

 
Hallo sahabat Maxpreneur.net, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 11 Kemampuan yang Menjamin Kesuksesan Menjadi Nyata, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Kamu yang sebentar lagi lulus kuliah biasanya tidak sabar untuk memasuki dunia kerja. Namun, pada kenyataannya IPK bagus dan segudang pengalaman organisasi belum tentu akan membuat kamu bisa bersaing di dunia professional, terutama abad 21 ini.

Ternyata dibutuhkan skill tambahan yang bisa untuk membantumu. Yuk, simak 11 skill yang harus kamu miliki untuk bisa bersaing di abad 21!

1. Kalau kamu ingin jadi anak muda sukses, mulailah jalin berkolaborasi dari sekarang.

Tidak ada gunanya menjadi pintar kalau tidak bisa berkolaborasi dengan orang lain. Ini skill pertama yang harus kamu miliki untuk bisa bersaing, apalagi di zaman ini perusahaan semakin menghindari adanya hierarki. Otomatis, kamu dituntut untuk banyak bekerja dalam tim.


2. Persaingan kerja semakin besar, tapi bukan berarti kamu gak bisa. Saatnya tingkatkan kreativitasmu dan selalu inovasi. Jangan lupa eksekusi yang lebih baik.
Persaingan menuntut kita untuk selalu mampu memunculkan ide-ide baru. Dengan memiliki kreativitas, kamu akan lebih terdorong untuk mengeluarkan inovasi, baik dalam ide maupun proses eksekusinya.

3. Mencapai kesuksesan bukan hanya mampu berkomunikasi, tapi juga mendengarkan dengan baik.
Pada abad 21, kemampuan komunikasi yang penting dimiliki tidak hanya sebatas pada kemampuan presentasi dan berbicara di depan umum. Kamu juga harus mampu mendengarkan orang lain dengan seksama, kemampuan berkomunikasi lewat media digital dan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain dengan sifat yang berbeda.

4. Siapa bilang anak muda tidak boleh utarakan pendapat? Bisa, asal dibarengi dengan pikiran kritis!
Sudah bukan zamannya kamu hanya mengiyakan dan menerima semua perintah atasan. Tidak ada salahnya untuk menyampaikan ide yang kamu punya. Itulah mengapa kemampuan berpikir kritis diperlukan. Bukan hanya untuk menyadari adanya hal yang perlu ditingkatkan, tapi juga untuk mengomunikasikannya dengan alasan yang logis.

5. Kemampuan untuuk beradaptasi juga bisa menjadikanmu anak muda yang sukses!
Di kampus, kamu masih bisa memilih ingin berteman atau mengerjakan tugas kelompok dengan siapa. Di dunia kerja, kamu tidak bisa lagi memilih dengan siapa kamu akan bekerja. Kamu dituntut bekerja dengan semua orang dengan beragam sifat dalam lingkungan yang berbeda. Sangat penting untuk bisa beradaptasi dengan baik, apalagi jika pekerjaanmu mengharuskan kamu untuk sering traveling.

6. Bukan hanya bisa ngetik, tapi anak muda harus mampu paham dan mengikuti perkembangan teknologi.
Menguasai teknologi yang kerap digunakan di dunia profesional menjadi satu keharusan. Menguasai Microsoft Office saja tidak cukup. Kamu harus mengerti cara mengoperasikan tools seperti Google Drive, Slack (komunikasi), Trello (manajemen proyek), Hootsuite (sosial media), hingga Analytics (online marketing). Jangan sampai teman sekantor menganggap kamu gaptek, ya!



7. Orang sukses itu niat untuk belajar hal-hal baru!
Di dunia yang serba cepat, apa yang kamu pelajari di kuliah bisa saja tidak akan dipakai dalam dunia kerja. Pada akhirnya kamu harus memulai dari nol. Makanya, kamu harus punya kemampuan belajar mandiri tanpa disuruh oleh atasan. 

8. Bukan hanya kerja kerasmu yang dinilai, kamu harus memiliki etika dan profesionalisme!
Untuk bisa bersaing di abad 21, kamu harus memiliki reputasi tidak hanya sebagai seseorang yang bekerja keras, tapi juga memiliki etika. Hal-hal sesederhana etika mengirim email hingga foto yang kamu pakai di media sosialmu dapat memengaruhi reputasimu. Maka dari itu, etika profesional adalah satu skill yang tidak boleh dilupakan.

9. Kekritisanmu akan semakin lengkap dengan kemampuan untuk temukan solusi yang tepat untuk masalah.
Orang yang selalu berorientasi pada solusi tidak akan banyak mengeluh saat dihadapkan dengan satu masalah. Mereka akan dengan cepat menemukan solusi yang mampu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

10. Informasi yang datang silih berganti membuatmu harus mampu menyaringnya!
Di abad ini, informasi lalu lalang dengan cepat. Kalau tidak pintar menyaring, bisa-bisa kamu percaya begitu saja dengan berita hoax yang sering dibagikan orang di sosial media. Jangan sampai reputasi kamu hancur hanya gara-gara kamu dikenal sebagai orang yang sering menyebar berita hoax


11. Pada akhirnya positive attitude akan membawamu capai kesuksesan.
Tantangan dan hambatan itu pasti ada, tergantung bagaimana kamu menyikapinya. Skill terakhir yang kamu butuhkan adalah positive attitude atau sikap yang positif! Sikap positif termasuk skill yang tidak mudah untuk dipelajari dan harus dibiasakan dari sekarang. Apa pun yang menghadang, hadapi dengan positif!
Skill di atas bisa kamu kuasai dengan niat yang kuat juga.

Demikianlah artikel yang berjudul 11 Kemampuan yang Menjamin Kesuksesan Menjadi Nyata kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.



6 Pemikiran Yang Hanya Ada di Kepala Pebisnis Sukses

 
Hallo sahabat Maxpreneur.net, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 6 Pemikiran Yang Hanya Ada di Kepala Pebisnis Sukses, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Siapa sih yang gak pingin jadi pebisnis muda yang sukses? Setiap orang bisa dipastikan pingin jadi pebisnis yang berhasil dan bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Namun, ternyata untuk menjadi seorang pengusaha muda yang berhasil itu wajib punya jalan pikiran yang beda dari lainnya kok!

Ya, kamu harus mau keluar dari zona nyaman dan punya pola pikir yang anti mainstream. Kira-kira apa saja sih yang ada di benak para pengusaha sukses? Ini dia

1. "Aku pasti bisa!"
Kedengarannya memang sepele, tapi menjadi pebisnis sukses itu memang harus punya modal awal yaitu pemikiran yang selalu optimis. Pemikiran yang selalu positif inilah yang bisa jadi bahan bakar untukmu selalu melaju ke depan. Bahkan, ketika berbagai permasalahan menerpa, kamu gak cepat putus asa berkat pemikiran yang selalu positif ini.

2. "Modal bukan halangan."
Gak semua pebisnis sukses itu memiliki modal awal yang lumayan lho. Sudah pernah menonton film The Billionaire dari Thailand kan? Nah, kamu pasti tahu bahwa modal itu bisa dicari. Asal kamu ulet dan tahan banting, modal awal itu bukan masalah lagi. Jika kamu menunggu modal yang cukup untuk mendirikan usaha, dijamin deh bisnismu gak bakal jadi-jadi.



3. "Kalo orang lain bisa kenapa aku enggak?"
Pemikiran ini juga salah satu yang perlu dimiliki untuk memacu diri sendiri. Membandingkan diri sendiri dengan kesuksesan orang lain juga bisa jadi bumbu supaya kamu ingin sukses sama seperti mereka. Namun, tentu saja perasaan ini harus diramu dengan pemikiran positif supaya kamu gak iri dengan kesuksesan orang lain namun justru terpacu untuk ingin meraihnya juga.

4. "10 tahun ke depan aku pasti bisa kayak dia (nama orang sukses)!"
Selain optimis kepada diri sendiri dan percaya bahwa kamu pasti bisa. Seorang pebisnis sukses juga punya motivasi kuat untuk mencapai tujuannya. Misalnya saja dia ingin menjadi seperti pengusaha X dan dia yakin bisa mencapai mimpinya yang satu ini. Sekarang coba deh kamu cari satu sosok pebisnis sukses yang menginspirasimu dan belajar banyak dari kisah hidupnya.



5. "Kegagalan itu justru jadi ajang untuk mencoba ulang!"
Dari sekian banyak pebisnis sukses yang ada sekarang ini bisa dipastikan memiliki masa lalu yang tak mudah. Banyak kegagalan yang pasti mereka temui untuk bisa jadi sukses di bidangnya seperti sekarang ini. Jadi jika ingin sukses seperti mereka, kamu harus mau mengubah mindset mulai dari detik ini.

Ubah segala kegagalan yang pernah kamu alami menjadi ajang untuk mencoba ulang. Hal ini dijamin bisa membuatmu terpacu mencicipi kesuksesan meski berulang kali sudah pernah mengunyah kegagalan.

6. "Kenapa harus jadi karyawan kalo bisa jadi bos?"
Berani keluar dari zona nyaman memang harus dimiliki oleh seorang calon pebisnis sukses. Jika kamu hanya duduk di belakang meja dan bekerja sebagai karyawan saja, lalu kapan kamu akan memulai langkahmu sebagai pengusaha? 


Tantang dirimu sendiri untuk berani keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru. Jika kamu sudah punya pemikiran macam ini, dijamin deh predikat pebisnis sukses sudah siap kamu sandang.
Gimana? Sudah siap mengubah mindset dan jadi pebisnis sukses?

Demikianlah artikel yang berjudul 6 Pemikiran Yang Hanya Ada di Kepala Pebisnis Sukses kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


Siapa Yang Akan Lebih Sukses: MLM atau EntrePreneur. Yuk Kita Bahas!!

 
Hallo sahabat Maxpreneur.net, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Siapa Yang Akan Lebih Sukses: MLM atau EntrePreneur. Yuk Kita Bahas!!, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Manusia diwajibkan untuk bisa hidup secara mandiri. Caranya adalah bekerja. Ada beberapa cara bekerja untuk memenuhi kebutuhan, contohnya adalah ikut “Multi Level Marketing” (MLM) dan menjadi entrepreneuratau wirausahawan. Menurut kamu, kira-kira ke depannya bakal lebih sukses yang mana ya?

Mari kita bahas bersama!

1. MLM menawarkan target capaian yang lebih terukur dalam skala waktu.
MLM seringkali mempresentasikan potensi usaha yang mereka miliki. Calon anggota akan ditawari dengan berbagai hasil yang bisa diperoleh dalam jangka waktu tertentu. Misalnya dalam waktu satu tahun, anggota bisa mendapatkan rumah atau mobil.



Hanya saja semestinya kita juga kritis bertanya soal data anggota mereka yang benar-benar memperoleh penghasilan tersebut dan mengecek apakah benar begitu. Karena kalau semua sistem MLM memang benar-benar bisa menyukseskan seluruh anggotanya, pasti semua anggota mereka yang terdaftar sudah hidup berkecukupan.

2. Jadi entrepreneur itu tantangannya lebih berat, karena penentu pencapaian target adalah dirinya sendiri.
Berbeda dengan MLM yang memiliki teman kerja, entrepreneur haruslah berusaha sendiri. Mulai dari pemacu semangat, evaluasi kerja, perencanaan, pengembangan, sampai eksekusi haruslah dilakukan sendiri. Kunci untuk maju ketika berwirausaha hanyalah satu orang, yaitu diri sendiri. 

Syukur-syukur kalau memiliki mitra, namun kebanyakan wirausahawan melakukan usaha seorang diri.


3. MLM itu penuh iming-iming manis. Tapi sayangnya, hal ini bikin citra MLM lebih “miring” di mata kebanyakan orang.
MLM telah memiliki citra buruk di benak banyak orang. Kamu bisa mengeceknya dengan bertanya pada orang sekitarmu, apa yang akan mereka lakukan ketika ditawari MLM. Ini dikarenakan MLM mengiming-imingi hasil besar ketika awal rekrutmen. Orang-orang cenderung tidak percaya kalau bisa mendapatkan kesuksesan hanya dalam waktu singkat.

4. Kesuksesan entrepreneur datangnya memang lama, tetapi hasilnya sepadan.
Kesuksesan bukanlah milik orang yang suka bermalas-malasan. Ia adalah anugrah untuk mereka yang bekerja keras. Demikian juga kesuksesan para entrepreneur. Contohnya adalah Kolonel Sanders yang menjadi milyuner di usia 88 tahun. 

Usia mudanya dipenuhi pengalaman yang menyesakkan; ayahnya meninggal di usia lima tahun, dikeluarkan dari sekolah saat 16 tahun, dipecat dari empat pekerjaan pada umur 17 tahun, ditinggal pergi istri dan anak saat 20 tahun, dan banyak lagi.

Nasib baik mulai melirik padanya ketika usia senja datang. Pada waktu umur 65 tahun, Kolonel Sanders memakai uang terakhirnya untuk memasak ayam goreng. Ayam ini lah yang kemudian dijual dari pintu ke pintu para tetangganya dan mengantarkan Kolonel Sanders pada kesuksesan.

5. Dipikir-pikir, prinsip“Easy Come, Easy Go” masih berlaku di dunia dan kerja keras memang gak pernah bohong.
Tak ada yang namanya kesuksesan instan. Meskipun ada hasil besar yang diperoleh dengan cepat, namun bisa juga hangus dengan segera. Alasannya adalah kita perlu menempa diri hingga siap dan pantas untuk mendapatkan kesuksesan. 

Proses penempaan itulah yang membutuhkan waktu lama. Seperti sebuah pedang pusaka yang bagus dan tahan lama, butuh waktu lama untuk menempanya. Kalau ditempa dengan serampangan dan mudah, pasti hancurnya cepat.

Jadi, kayaknya lebih baik jadi entrepreneur deh.
Ada banyak jalan untuk menuju kesuksesan. Namun, hanya mereka yang memiliki semangat baja dan kemauan keras, bisa mendapatkan. Tetap semangat ya!

Demikianlah artikel yang berjudul Siapa Yang Akan Lebih Sukses: MLM atau EntrePreneur. Yuk Kita Bahas!! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


Source

13 Hal Penting Yang Membuat Remaja 20-an Memilih Berwirausaha

 
Hallo sahabat Maxpreneur.net, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 13 Hal Penting Yang Membuat Remaja 20-an Memilih Berwirausaha, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Seiring perkembangan zaman, tipe-tipe dan kebiasaan anak muda pun berbeda pula. Zaman sekarang, meski masih banyak anak-anak muda berusia 18 sampai 34 tahun yang bekerja di kantor, namun jumlah anak muda yang memulai usaha sendiri semakin meningkat. Generasi Y memang begitu berbeda dibandingkan dengan lainnya, mereka cukup spesial dan berani berbuat hal berbeda dibandingkan lainnya. Ini dia alasan mengapa Gen Y banyak yang mulai usaha sendiri!

1. Banyaknya fasilitas sosial media serta internet, yang memudahkan mereka untuk membuka bisnis sendiri.
Anak-anak muda sangat ahli dalam bermain social media serta internet, dan hal tersebut bisa membantu mereka untuk memasarkan dan memperkenalkan produknya ke masyarakat. Oleh sebab itulah, meskipun bisnisnya bisnis rumahan, namun bisa terkenal sampai kemana-mana.


2. Pengaruh serta ide-ide cemerlang yang mereka dapat saat melihat YouTube, ataupun kabar lainnya dari luar negeri.
Gen Y memang sangat kreatif. Saat melihat film-film di YouTube, mereka akan mendapatkan banyak inspirasi. Dari situlah, mereka menggabungkan apa yang mereka lihat dengan kreatifitas mereka sehingga terbentuklah hal baru yang bisa dijual.



3. Berprinsip untuk menjadi sukses tanpa bantuan orang tua yang membuat mereka berani berjuang.
Banyak sekali Gen Y yang bertekad untuk merubah hidupnya serta tak takut untuk hidup susah. Melalui usaha sendiri, mereka cukup yakin bisa merubah hidup mereka menjadi lebih baik.

4. Sungguh-sungguh memiliki passion atau minat mendalam terhadap bisnis dan yakin bisa menjualnya ke publik.
Banyak sekali yang memiliki passion serta kreatifitas tak terbatas, dan memiliki sejuta ide sehingga yakin bahwa usahanya bisa sukses diluar sana.

5. Tidak suka diperintah orang lain dan lebih suka menjalankan ide sendiri
Akuilah, bahwa Gen Y sulit untuk diperintah dan seakan memiliki “dunia”nya sendiri. Mereka lebih pintar dalam menggunakan teknologi serta memanfaatkannya. Didasari itulah, mereka lebih ingin menjadi pemimpin dan memimpin orang lain.


6. Tak betah pada pekerjaan monoton dan terus menginginkan hal-hal baru.
Gen Y dipengaruhi oleh arus globalisasi serta mengalami perubahan dunia yang begitu cepat. Tak heran mereka cepat bosan terhadap pekerjaan yang biasa saja dan terus mencari tantangan-tantangan baru dalam hidupnya.

7. Pelajaran dari orang tua mereka yang harus tergantung dengan perusahaan dan bos.
Mereka terkadang cukup sedih dan lelah menyaksikan kedua orang tua yang harus bekerja banting tulang siang malam mencari nafkah. Didasari inilah, mereka ingin merubah nasib mereka.

8. Cerita dari motivator dan anak-anak seusia mereka yang sukses dengan membangun usaha sendiri membuat mereka ingin menjadi seperti itu juga.
Begitu banyak cerita anak-anak muda Gen Y lain yang sukses nasional maupun internasional, serta semangat motivator yang tersebar dimana-mana. Tak heran jika semangat Gen Y terus membara.

9. Gairah dan semangat masih besar dan suka dengan tantangan.
Karena usianya masih belia, sehingga semangat pun masih besar dan tidak takut terhadap tantangan yang menghadang.

10. Belum ada tanggungan, sehingga berani mengambil risiko lebih tinggi.
Anak-anak 20-an umumnya belum menikah dan tentu saja tidak memiliki anak. Oleh karena itu mereka tak harus memikirkan orang lain kecuali dirinya sendiri. Sehingga, risiko yang ditanggung masih sangat kecil.

11. Ingin membangun masa depannya mulai sekarang dan tak ingin terlambat mencoba.
Mereka takut jika langsung bekerja di kantor dan mendapatkan kenyamanan, maka mereka tak akan mau mencoba lagi untuk menjadi lebih baik.

12. Mencoba untuk keluar dari zona nyaman, sehingga tak akan takut untuk menghadapi kegagalan ataupun kesulitan.
Semakin muda mereka mencoba sebuah tantangan, maka mereka akan “kebal” terhadap rasa takut terhadap hal tersebut. Sehingga, semakin dini mulai usaha, semakin berani dia menghadapi kegagalan dan bangkit kembali.

13. Tentu saja, alasan yang paling sederhana diantara semuanya: kebebasan!

Yap, alasannya sangat sederhana. Berbisnis sendiri membuatmu bisa mengatur waktu dengan bebas serta tak ada hambatan. Siapa orang didunia ini yang tak suka dengan kebebasan penuh?


Demikianlah artikel 13 Hal Penting Yang Membuat Remaja 20-an Memilih Berwirausaha kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Monday, 25 July 2016

Tips Bisnis- Bagaimana Cara Menjalankan Bisnis Dengan Teman

 
Hallo sahabat Maxpreneur. Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Bisnis- Bagaimana Cara Menjalankan Bisnis Dengan Teman  , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan "Tips Bisnis- Bagaimana Cara Menjalankan Bisnis Dengan Teman" yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Berbisnis dengan teman? kedengarannya memang menarik. Tapi kita harus berhati - hati jangan sampai persahabatan anda dan teman anda menjadi hancur. Inilah beberapa tips menjalankan bisnis dengan teman yang wajib anda baca.

Siapa yang tidak ingin menjalankan bisnis dengan bertemu partner yang klop dalam berbagai hal. Hal inilah yang akhirnya mendorong terciptanya bisnis yang dilakukan bersama seorang teman atau sahabat terdekat. Pasalnya, hubungan dekat yang sudah terjalin dianggap bisa menjadi modal utama dalam menjalankan bisnis. 



Dengan begitu, sebuah bisnis juga bisa berkembang pesat karena masing-masing founder telah memahami jalan pikiran partner bisnisnya karena sebuah hubungan pertemanan. Tapi, tidak semua bisnis yang dikerjakan bersama seorang teman pun dapat mencapai target dan meraih kesuksesan. Oleh karena itu, ada beberapa rules yang harus diikuti agar bisnis yang dijalankan bersama teman bisa mencapai kesuksesan.

Dijalankan secara profesional
Banyak sekali contoh pebisnis sukses yang berhasil menjalankan bisnisnya bersama seorang teman dekat atau sahabatnya. Hal ini dikarenakan mereka sudah mengenal satu sama lain, baik dalam perilaku sehari-hari hingga cara dalam mengungkapkan ide-ide bisnis. Namun, saat menjalankan bisnis bersama seorang teman, terkadang Anda akan merasa tidak enak hati untuk menegur jika terjadi suatu kesalahan. Padahal, sebuah kesalahan yang sengaja dibiarkan terus menerus maka dapat berakibat fatal pada bisnis yang sudah berjalan. 

Oleh karena itu, Anda yang sedang menjalankan bisnis bersama seorang teman maka sebaiknya harus tetap bersikap profesional. Terlebih, dalam urusan pekerjaan, jika memang ada seorang teman yang melakukan kesalahan maka jangan ragu untuk menegur atau mengingatkan demi kemajuan bisnis Anda kedepan nantinya.

Setiap pendapat akan mengembangkan bisnis Anda
Jika Anda menjalankan bisnis dengan seorang teman atau sahabat, maka tidak dipungkiri bahwa akan banyak sekali kesamaan yang dapat ditemukan diantara kalian. Bukan hanya persamaan dalam visi dan misi untuk mengembangkan bisnis semata, tetapi juga kesamaan dalam hobi atau sifat bahkan prinsip hidup. Hanya saja, banyaknya kesamaan diantara kalian terkadang akan berdampak tidak baik dalam menjalankan bisnis. 

Pasalnya, dalam membangun sebuah bisnis yang sukses maka dibutuhkan banyak sekali ‘ide gila’ dengan kreativitas yang tak terduga. Oleh karena itu, kalian yang menjalankan bisnis bersama seorang teman harus tetap memiliki pemikiran yang beragam namun tetap terarah. Hal tersebut diperlukan untuk menambah banyak peluang agar bisnis Anda segera mencapai kesuksesan.

Visi dan misi Anda bersama teman harus sama
Dalam membangun sebuah bisnis, maka seorang entrepreneur diharapkan memiliki sebuah visi dan misi. Pasalnya, visi dan misi yang diemban tersebut yang akan membuat langkah pasti arah sebuah perusahaan. Oleh karena itu, jika Anda mendirikan bisnis bersama teman maka pastikan pula Anda dan teman Anda memiliki kesamaan visi dan misi. 

Pasalnya, terkadang teman Anda lebih fokus pada profit dan kemampuan dalam menjual produk yang sangat besar. Sedangkan Anda sendiri justru menginginkan untuk memenuhi kepuasan pelanggan dan mengembangkan networking dalam berbisnis. Oleh karena itu, perbedaan semacam itu harus segera dihindari karena dengan menyamakan visi dan misi dalam menjalankan bisnis bisa menjadi sebuah booster untuk segera mencapai kesuksesan.



Jangan ada yang ditutupi dalam pembagian hasil
Sejak dari jaman abad pertengahan atau bahkan saat manusia menggunakan uang dalam perdagangan atau bisnis, uang telah menjadi salah satu hal yang memiliki potensi untuk menimbulkan perselisihan bisnis. Oleh karena itu, Anda harus bersikap terbuka untuk mengantisipasi setiap perselisihan yang terjadi karena tidak sesuai dalam pembagian hasil. 

Sebaiknya Anda memiliki sebuah buku kas untuk mencatat arus modal, pengeluaran dan juga pendapatan dengan jelas. Begitu pula saat teman Anda meminjam uang kas, maka Anda harus membuat bukti tertulis dan juga tanggal pengembalian pinjaman dengan jelas pula. Dari sejak awal menjalankan bisnis, Anda sudah harus menanamkan transparansi dalam hal keuangan.

Kritik akan membuat Anda semakin berkembang
Semua orang pun menyadari bahwa kritik akan membuat seseorang akan semakin berkembang. Begitu pula dengan Anda yang menjalankan bisnis bersama seorang teman ataupun sahabat. Jangan pernah ragu untuk mengkritik satu sama lain demi bisnis yang semakin berkembang. 

Selain itu, jangan pernah marah ataupun tersinggung jika kritik tersebut justru datangnya dari seorang teman yang selama ini telah mendukung Anda dalam setiap membuat keputusan. Jika teman Anda menegur karena produktivitas Anda rendah maka hal tersebut sebaiknya ditanggapi secara positif. Pasalnya, teman Anda sedang mengingatkan Anda untuk lebih produktif lagi demi kemajuan bisnis kedepan nantinya.

Hindari setiap masalah yang bisa merusak persahabatan
Setiap bisnis yang berjalan tentu akan mengalami pasang surut. Begitu pula dengan Anda yang menjalankan bisnis dengan seorang teman atau sahabat. Tentunya Anda akan mengalami fase dimana muncul sebuah masalah atau kesulitan yang berpotensi membahayakan hubungan pertemanan atau persahabatan. 

Disaat bisnis Anda mengalami hal seperti ini, maka yang sebaiknya dilakukan adalah kembali mengingat ikatan hubungan pertemanan dan persahabatan yang selama ini menjadi pondasi. Sebaiknya Anda tidak mudah untuk terpancing yang justru membuat suasana bisnis menjadi canggung hingga membuat bisnis dan juga persahabatn Anda bubar begitu saja.

Anda boleh menolak ide teman yang tidak sesuai
Sebagai partner bisnis, Anda dan juga teman Anda pun terbiasa untuk menuangkan ide bisnis bersama-sama dalam setiap kesempatan. Namun, yang perlu diingat adalah keputusan-keputusan yang akan dibuat tentunya telah mencapai kesepakatan yang harus dijalankan bersama-sama. 

Jangan hanya karena ide tersebut datang dari seorang teman atau sahabat, maka Anda pun menjadi segan untuk menolak ide yang tidak seusai dengan visi dan misi. Jika Anda bersikap seperti itu maka justru akan bisa membahayakan bisnis Anda. Pasalnya, Anda tetap akan menjalankan bisnis dengan ide yang tidak sesuai dengan visi dna misi yang justru bisa membuat bisnis Anda berantakan.

Punya pendirian yang teguh
Kadang, kemauan berkompromi memang dibutuhkan saat berbisnis dengan teman. Sayangnya, terlalu mudah berkompromi justru membuktikan kalau kamu tak punya pendirian. Jauhkan perasaan tidak enak, segan atau kikuk lantaran berbisnis dengan teman sendiri. Jika kamu yakin dengan pilihanmu, maka tegas menolak pilihan teman sah-sah saja kamu lakukan.

Demikianlah Artikel "Tips Bisnis- Bagaimana Cara Menjalankan Bisnis Dengan Teman" di MaxPreneur kali ini. Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


TERKUAK: Neil Amstrong Tidak Sendirian Mendarat di Bulan

 
Hallo sahabat Maxpreneur. Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Neil Amstrong Tidak Sendirian Mendarat di Bulan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan " Neil Amstrong Tidak Sendirian Mendarat di Bulan" yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Setelah kebenaran yang mengatakan bumi itu datar kayak piring atau lapangan bola yang ditopang oleh seekor kura-kura raksasa,
serta fakta dunia asing mengintai kita lewat game pokemon go, google maps yang menginfiltrasi keamanan nasional (NSA) negara kita,
serta bukti-bukti bahwa Google mengoleksi nomor rekening, nomor ponsel dan alamat rumah para publisher mereka,
maka Anda perlu tahu fakta dan kebenaran terbaru kali ini.




Jadi waspadalah! Jangan main internet! Jangan main game pokemon go, jangan gunakan Google Maps,
Jangan percaya berita luar negeri. Jangan percaya teknologi. Jangan main adsense! Jadilah angon bebek atau petani dan nelayan!
Maka hidupmu akan lebih maju, baik dan penuh harapan...

NEIL AMSTRONG TIDAK SENDIRIAN MENDARAT DI BULAN!
CNNBO.com. New York. 47 tahun silam tepatnya 20 Juli 1969 seperti tanggal hari ini.
Seorang astronot bernama Neil Amstrong (Neil Alden Amstrong) yang lahir di kota Wapakoneta, Ohio, US,
berhasil mendarat di bulan dengan slamet. Menumpangi dan mengawaki Apollo 11...

dst.... silakan dibaca di Wikipedia atau cari di internet.

Yang perlu diketahui bersama adalah bahwa ada penyembunyian astronot lainnya yang tidak pernah dipublikasikan kepada dunia.
Neil Amstrong tidak sendirian karena tidaklah mungkin ke bulan sendirian.
Ada satu astronot lagi dan itu adalah warga negara Indonesia.
Jadi Anda patut berbangga?

Siapakah nama astronot Indonesia tersebut?
Ya benar! Namanya adalah Slamet.

Kok bisa? Perhatikan informasi akurat di bawah ini:

20 Juli 1969 Neil Amstrong berhasil mendarat di bulan dengan slamet.

Slamet adalah nama orang Indonesia.

Ilustrasi Slamet


Tolong sebarkan berita ini di akun Google+, Facebook, Twitter, Instagram, Blog atau website Anda.
Dan mari kita bongkar konspirasi dunia!

Demikianlah Artikel "Neil Amstrong Tidak Sendirian Mendarat di Bulan" di MaxPreneur kali ini. Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Sunday, 24 July 2016

Tips Bisnis - 10 aturan untuk memulai usaha

 
Hallo sahabat Maxpreneur. Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Bisnis - 10 aturan untuk memulai usaha  , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan "Tips Bisnis - 10 aturan untuk memulai usaha" yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Lebih baik jadi kepala semut daripada ekor gajah. Begitu dalih para pengusaha. Berwirausaha memang sangat menggoda. Dengan sikap yang tepat, sukses bukan cuma impian.

Kalau Anda melihat Bill Gates atau Mark Zuckenberg, pasti Anda tergiur dengan kekayaan mereka yang luar biasa. Tapi sadarkah Anda, bahwa mereka juga memulai semuanya dari usaha kecil mereka. Dan tak satupun dari mereka yang menduga bakal mencetak keberhasilan seperti sekarang.

Perusahaan pemula yang berubah menjadi perusahaan sukses bernilai miliaran bahkan triliunan, dalam dunia bisnis tak bedanya dengan pemenang lotere. Meletakkan semua uang Anda dan berharap mendapatkan jackpot, Anda justru bakalan terpuruk.

Berikut 10 aturan untuk memulai usaha kecil. Daftar ini lebih untuk membuat Anda menyadari kenyataan yang ada, ketimbang gila-gilaan mengejar impian terdahsyat Anda dalam berbisnis.

Lebih realistis. Saat membuat model bisnis, coba lihat ke sekeliling dan cari contoh sukses dari model bisnis yang Anda kehendaki, lalu pelajari. Bila Anda tak dapat menemukan, entah Anda yang luar biasa jenius, atau model bisnis Anda tidak bakal berhasil di dunia nyata.

Jangan menginvestasikan uang sendiri. Karena kebanyakan bisnis adalah perjalanan yang berisiko, carilah partner. Jadi, jika semuanya tidak berjalan semua rencana, Anda tidak bakal bangkrut karena dana start-up tadi, dan tidak dikejar utang.

Perbudak diri sendiri. Jika Anda tidak bersedia bekerja keras, lembur, melupakan keuntungan pribadi dan kesehatan, maka wirausaha bukan untuk Anda. Pada awalnya, Anda pasti tidak akan mampu membayar karyawan, sekalipun karyawan yang murah. Jadi, karyawan Anda, adalah Anda sendiri.

Hargai waktu. Beri nilai uang pada waktu Anda, misalnya Rp20 ribu perjam. Ini akan membantu saat Anda harus mengambil keputusan: Bila sebuah toko mengenakan biaya Rp10 ribu untuk pengiriman setiap minggu, dan Anda membutuhkan waktu 2 jam untuk pergi ke toko tersebut sendiri, maka bayar terus ongkos kirim dari perusahaan tersebut, karena lebih murah. Ini mungkin bertentangan dengan aturan ke 3, tapi bahkan budak sekalipun juga memiliki nilai ekonomi.

Rekrut karyawan dengan baik. Tanpa memedulikan ukuran usaha Anda, pada akhirnya Anda akan merekrut karyawan dari luar. Untuk itu, lakukan proses rekrutmen dengan hati-hati, tanpa tergesa-gesa, dan perlakukan hal tersebut sepenting saat Anda memulai usaha. Sangat disayangkan sikap pemilik usaha yang punya visi untuk usahanya, tapi merekrut karyawan yang justru menghalanginya meraih visi tersebut.

Jual kelebihannya, bukan harganya. Saat Anda memulai usaha, sudah sewajarnya Anda frustasi memasarkannya.Tapi, jika Anda bersaing pada harga, Anda pada akhirnya kan menjual dengan harga pas-pasan atau bahkan di bawah modal. Kuasai keahlian berkomunikasi dengan pelanggan, untuk menjelaskan bahwa harga produk Anda lebih tinggi karena memiliki nilai yang lebih baik.

Ketahui angka dasar. Mengetahui berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk menjalani usaha – mulai dari sewa toko, listrik, asuransi karyawan, sampai harga tinta printer, kertas, dan pajak. Lalu bagi semua itu dengan berapa hari dalam setahun Anda akan buka, dan… itulah angka dasar – jumlah minimum pendapatan yang Anda butuhkan setiap hari. Jika Anda tidak pernah berpikir tentang angka dasar, coba pikir ulang.

Gunakan teknologi terbaru. Teknologi anyar seperti aplikasi dan penyimpaanan data dengan cloud technology sangat murah dan membuat perusahaan kecil dapat bersaing dengan perusahaan besar. Manfaatkan teknologi rendah biaya yang ada di pasaran.

Perlakukan vendor dengan baik. Perlakukan vendor dan suplier Anda sebaik mungkin, seperti halnya Anda memperlakukan para pelanggan. Mereka bisa saja memberikan diskon berdasarkan besarnya volume pemesanan Anda, atau bahkan demi menjaga hubungan baik, serta berharap ada peningkatan volume di masa mendatang. Hubungan yang baik membuat mereka juga dapat memahami keterlambatan pembayaran, bahkan memberikan pengiriman gratis.

Jadilah yang terbaik. Anda tidak boleh setengah-setengah.Setiap hal yang Anda lakukan untuk klien harus lah yangterbaik. Apapun yang Anda buat dan jual, haruslah yang terbaik. Lakukan itu terus menerus, dan kekuatan word of mouth akan menyebar. 

 Demikianlah Artikel "Tips Bisnis - 10 aturan untuk memulai usaha " di MaxPreneur kali ini. Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Tips Bisnis - Bagaimana Caranya Menumbuhkan Mindset Bisnis Online

 

Hallo sahabat Maxpreneur. Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Bisnis -Bagaimana Caranya Menumbuhkan Mindset Bisnis Online, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan "Tips Bisnis -Bagaimana Caranya Menumbuhkan Mindset Bisnis Online" yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.


Banyak dari kita yang suka bermimpi, namun hanya sedikit dari orang-orang yang bermimpi yang melangkah dan mendekati impian mereka.
Dan dari sedikit orang ini, hanya ada beberapa orang yang berani mewujudkan impian mereka.

Cara Pandang Dalam Berbisnis

Saya pernah membaca buku tentang bisnis online dan motivasi yang berjudul MantraUANG, karya Aldian Prakoso. Beliau adalah salah satu pegiat internet marketing Indonesia yang bisa dikatakan sukses meniti karir di jalur ini.

Di dalam buku tersebut dituliskan, hal pertama yang harus kita lakukan untuk bisa sukses, adalah memiliki mindset bisnis atau cara pandang yang benar.

Dalam hal ini, dalam menjalankan suatu bisnis alangkah baiknya kita perlu memiliki mindset yang selaras dengan tujuan atau impian kita.
Mindset atau cara pandang kita di dalam menyikapi segala sesuatu, merupakan pondasi yang penting di setiap aspek kehidupan, termasuk dalam berbisnis.

Untuk menumbuhkan mindset bisnis diperlukan proses yang tidak instan, perlu kesabaran dan ketekunan, kadang bahkan dibutuhkan pengorbanan pikiran, tenaga, dan finansial yang tidak sedikit.
Oleh karena itu, seseorang harus mempunyai kebiasaan untuk melakukan hal-hal yang tidak nyaman baginya.

Mungkin suara di pikiran Anda terdengar seperti ini:
Saya tidak suka melakukan ini. Namun saya perlu melakukannya untuk mendapatkan hasil yang saya inginkan.
Begitu juga dengan saya. Ketika saya memulai bisnis online untuk pertama kalinya, saya merasa kurang nyaman karena ada beberapa istilah baru, dan tidak tahu harus mulai dari mana.
Prinsip yang saya pegang untuk mengatasi rasa ketidaknyamanan pada waktu itu, lakukan saat ini juga dan fokus pada hasil akhir. Dengan begitu, proses pembelajaran akan berlangsung secara otomatis.

Meskipun banyak kebingungan dan ketidaknyamanan, menurut saya justru itu tandanya kita sedang belajar.

Sometimes, Less Is More …

Untuk menuju kesuksesan, seseorang juga perlu konsentrasi pada satu hal dan melakukannya hingga tuntas.
Fokus pada satu hal, dan take action saat ini juga. Percuma melakukan banyak hal sekaligus, namun tidak ada yang terselesaikan.

Ketika saya mulai menemukan jalan pada awal mula menekuni bisnis online, rasanya ingin sekali menggunakan banyak metode dan peluang yang ingin saya raih.
Kecenderungan ini juga sering dialami oleh orang-orang yang sedang mencari jati diri, tak terkecuali di saat mencari jenis bisnis online yang hendak digeluti.

Hal ini akan sangat menguras banyak tenaga, pikiran, bahkan materi.
Meskipun begitu, menurut saya kadang proses seperti ini diperlukan, namun tetap harus punya kesadaran kapan harus berhenti dan kapan harus switch ke hal-hal yang perlu difokuskan.
Karena dengan menjalani proses seperti ini, Anda akan berproses untuk menemukan kecondongan pribadi atau minat Anda di bisnis online.

Biasanya orang-orang menyebutnya dengan isitilah passion.
Untuk menemukannya, Anda tidak harus memulainya dengan sempurna. Cukup perlu memulainya…

Temukan Passion
Banyak yang ingin memulainya dengan sempurna, sehingga takut untuk melangkah, takut salah. Akhirnya mereka hanya menunda-nunda dan diam, tidak pernah melakukannya.
Ketika Anda sudah menemukan passion, tekunilah bidang tersebut, cari informasi yang diperlukan, dan selesaikan hingga tuntas.

Di sinilah perjalanan menuju kesuksesan Anda dimulai. Anda akan belajar jauh lebih cepat dengan melakukan praktik langsung.
Passion ibarat bahan bakar yang siap men-charge diri Anda kapan pun ketika dibutuhkan. Sekali Anda melangkah, jangan pernah berhenti.
Karena perjalanan yang Anda lalui akan menuntun menuju kesuksesan Anda. Jangan pernah menyerah!

Gunakan alat bantu, coaching, dan mentor yang akan mempercepat proses pembelajaran. Berkumpul dengan orang-orang yang menurut ukuran Anda mereka sudah sukses, akan sangat membantu. Anda bisa belajar banyak dari kegagalan dan kesuksesan mereka.

Bangun Bisnis, Bangun Sistem, Bangun Aset
Seperti yang sudah pernah saya tulis di artikel tentang bagaimana memulai bisnis online bagi pemula, salah satu kunci sukses yang harus diasah untuk memulai suatu usaha untuk yang pertama kalinya, adalah mengasah kemampuan menjual kita.

Namun kita tidak boleh lupa, bahwa yang namanya membangun bisnis itu sama juga artinya dengan membangun aset. Artinya kita juga harus memikirkan bagaimana membangun sistem.
Berikut ini ilustrasinya:

Jadi membangun bisnis online bukan semata-mata jualan online saja.
Namun alangkah baiknya juga kita barengi dengan membangun sistem alur bisnis, membangun tim kerja, mengumpulkan modal kerja, membeli software / aplikasi yang kita butuhkan, termasuk juga membuat website yang berguna sebagai tools marketing online, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana jika ada sesuatu hal sehingga memungkinkan kita tidak bisa bekerja untuk waktu yang agak lama?

Nantinya aset-aset tersebut yang akan bekerja untuk kita, sehingga memungkinkan supaya yang tadinya kita keluar tenaga fisik banyak, akhirnya dengan adanya aset-aset tersebut bisa turut mengurangi prosentase kerja fisik kita.

Misalnya, yang tadinya dari proses menangani pemesanan, packing barang, sampai pengiriman kita handle sendiri, dengan adanya tim kerja hal-hal tersebut bisa didelegasikan.
Misalnya lagi, yang tadinya melakukan pencatatan penjualan itu dilakukan secara manual, dengan adanya aplikasi keranjang belanja di website kita itu bisa lebih membantu melakukan pencatatan secara otomatis.

Termasuk mengirim pemberitahuan ke pelanggan bahwa pemesanan sudah diterima dan sedang diproses, dan lain sebagainya.

Hal-hal yang tadinya terasa ribet, bisa otomatis dilakukan dengan bantuan software tersebut.
Inilah yang saya namakan bangun bisnis, bangun sistem, bangun aset.

Jadi, milikilah mindset bisnis online yang benar, sebelum Anda benar-benar menyesal di kemudian hari.

Demikianlah Artikel "Tips Bisnis - Bagaimana Caranya Menumbuhkan Mindset Bisnis Online" di MaxPreneur kali ini. Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Saturday, 23 July 2016

Tips Bisnis - Kiat Sukses Membangun bisnis Online untuk pemula

 
Hallo sahabat Maxpreneur. Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Bisnis - Kiat Sukses Membangun bisnis Online untuk pemula, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan "Tips Bisnis - Kiat Sukses Membangun bisnis Online untuk pemula" yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Dewasa ini, meraup pundi-pundi rupiah melalui bisnis online semakin menggiurkan dan tengah menjadi tren sejalan dengan tingginya penetrasi Internet yang menurut data We Are Social jumlahnya telah mencapai angka 88,8 juta pengguna Internet aktif di Indonesia.



Selain itu, tingginya pengguna smartphone saat ini yang sudah melebihi jumlah penduduk Indonesia yaitu sebanyak 318,5 juta pengguna smartphone dari total keseluruhan penduduk Indonesia sebanyak 255,5 juta penduduk ternyata juga telah merubah pola belanja masyarakat dari belanja konvensional menjadi belanja secara online. Keajaiban Internet saat ini tidak hanya telah merubah pola belanja masyarakat, tetapi juga para pelaku bisnis off-line yang lambat laun akhirnya memanfaatkan Internet untuk melakukan promosi bisnisnya atau biasa disebut Internet marketing.


Sejumlah layanan sosial media seperti Facebook dan Twitter juga semakin banyak penggunanya, karena pelaku bisnis juga melakukan promosi melalui sosial media, sehingga lebih mudah untuk menjangkau pasarnya. Namun tidak sedikit pelaku bisnis online yang terkadang salah langkah dalam menerapkan strategi pemasarannya secara online, sehingga membuat pelaku bisnis itu terpaksa harus gulung tikar.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan para pelaku bisnis online sebelum menjalankan bisnisnya, agar tidak salah langkah. Pertama yang harus dilakukan adalah membangun brand melalui nama domain. Para pelaku UKM seringkali mengabaikan penggunaan nama domain dan alamat email professional dalam menjalankan bisnisnya. Padahal, penggunaan nama domain dan alamat email professional merupakan cara murah dan mudah untuk tampil kredibel saat membangun brand pelaku bisnis. Selain itu, alamat email yang tercantum juga harus sama dan sesuai dengan keseluruhan dari identitas bisnis, termasuk kartu nama, iklan, signature email, dan lainnya. Kemudian yang ke dua, pelaku bisnis harus membuat konten bisnis onlinenya se-menarik mungkin untuk memperkuat brand.


Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar konten bisnis online semakin menarik seperti banyak membaca dan mengetahui lebih dalam fokus bisnis yang sedang dijalankan agar dapat menjalin keterikatan yang kuat dengan konsumen karena membahas topik yang sama. Selain itu, buat posting pada website dengan kalimat sesederhana mungkin maksimal hingga 2-3 paragraf per posting dan minta bantuan orang lain untuk memeriksa tulisan tersebut sebelum diunggah.


Kemudian lakukan pengukuran baik pada website dan sosial media untuk mengukur bisnis yang sedang dijalankan, sehingga dapat memberikan metrik pengukuran secara berkala seperti jumlah klik, view, dan lainnya. Kemudian yang terakhir, mulai pasarkan dan monetisasi.


Pelaku bisnis UKM dewasa ini perlu memerhatikan beberapa langkah dalam penjualan seperti cara menerima order, proses pembayaran, dan dukungan komunikasi. Meskipun pelaku bisnis UKM tidak berencana menjual produk melalui standar prosedur e-commerce, namun tetap bisa menerima dan melayani permintaan atau order melalui website atau media sosial. Dengan demikian, program menciptakan 1000 startup digital yang tengah dikampanyekan pemerintah dapat tercapai dan siap bersaing dengan startup global khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Demikianlah Artikel "Tips Bisnis -  Kiat Sukses Membangun bisnis Online untuk pemula" di MaxPreneur kali ini. Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


Tips Bisnis - Lima Hal Yang Perlu Direnungkan Sebelum Memulai Bisnis

 
Hallo sahabat Maxpreneur. Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips bisnis - Lima Hal yang perlu direnungkan sebelum memulai bisnis, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan "Lima Hal yang perlu direnungkan sebelum memulai bisnis" yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Memulai sebuah bisnis sama saja seperti membangun keluarga sendiri. Anda harus mempersiapkan segalanya dengan matang mulai dari rencana hingga strategi. Selain itu, tidak peduli kapan dan bagaimana, Anda harus terus berkomitmen dalam menjalaninya. Kemauan dan kerja keras sangat dibutuhkan dalam berbisnis.




Sebelum benar-benar terjun di dalam dunia bisnis, cobalah bekali diri dengan berbagai renungan guna meyakinkan apakah jalan ini benar-benar baik. Dengan merenung Anda bisa menentukan mana logika yang terbaik untuk dipilih, sehingga pada masa yang akan datang tak perlu menyesal.

1. Apakah saya memiliki gairah dalam berbisnis?
Masa awal sangat membutuhkan pemikiran yang keras karena, sebagai pemiliki bisnis, Anda juga berperan di beberapa sektor lainnya mulai dari kepala marketing, yang bertugas mengatur strategi untuk meraih antusiasme pelanggan. Keuangan, yang mengatur masuk-keluarnya uang atau personalia yang menata atitude karyawan dalam bekerja.

Oleh karena itu, dalam menjalankan tugas ini diperlukan sekali yang namanya gairah guna menumbuhkan kemauan agar terus berkomitmen menjalankan bisnis.

2. Bersediakah saya memikul banyak tanggung jawab?
Berbeda dengan karyawan yang hanya bertanggung jawab pada tugas pekerjaannya, pemilik bisnis harus memikirkan segala hal yang ada dalam usahanya. Oleh sebab itu, sebagai pengusaha Anda harus memiliki kemampuan lebih, agar dapat menangani setiap tanggung jawab dengan baik.

3. Apakah saya mampu menghadapi segala risiko?
Dalam menjalankan bisnis, mungkin Anda akan mengalami berbagai rintangan seperti masalah atau bahkan kegagalan. Namun, berada di saat-saat itu bukan berarti harus mundur atau menyerah. Justru di momen itulah harusnya kemampuan dalam memecahkan masalah diuji. Di dalam bisnis tidak ada yang namanya jaminan sukses atau penghasilan stabil. Semua itu bisa didapat hanya dengan usaha dan keberanian menghadapi risiko.

4. Apakah keputusan yang saya ambil tepat?
Seiring berjalannya waktu, proses mengambil keputusan akan semakin rumit. Terlebih lagi bila telah memiliki karyawan atau klien yang sangat bergantung padamu. Pada saat itu segala keputusan yang Anda ambil sangat berpengaruh pada keberhasilan atau kegagalan usaha. Oleh karenanya, Anda harus benar-benar yakin ketika menentukannya.

5. Mampukah saya mengatasi kelelahan?
Adakalanya rutinitas sebagai pebisnis sangat melelahkan. Karena pekerjaan yang tiada henti dari pagi hingga malam selama seminggu dan berkurangnya kehidupan pribadi seperti menjalankan hobi atau berkumpul bersama teman, rabat serta keluarga

Oleh karena itu, melihat betapa melelahkannya menjalankan sebuah bisnis, maka diperlukan sekali yang namanya kekuatan fisik serta mental. Selain itu agar kualitas kesejahteraan hidup meningkat, luangkanlah waktu untuk menjalankan hobi serta membangun hubungan dekat dengan pemilik bisnis lainya. Sebuah bisnis tidak akan berjalan lancar bila kesejahteraan pemilikinya tidak terbangun dengan baik. (Sumber: Laruno)

Demikianlah Artikel "Tips Bisnis - Lima Hal yang perlu direnungkan sebelum memulai bisnis" di MaxPreneur kali ini. Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.